Soal IPS Sejarah Kelas IX (30 soal)

Latihan Soal

A. Pilihlah jawaban yang benar!

1.Untuk dapat mengetahui kehidupan awal masyarakat Indonesia sekaligus mengungkap asal muasalnya, maka diperlukan penelitian yang dilakukan oleh ahlinya dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk ...
a. fakta
b. generalisasi
c. teori
d. data

2. Dalam teorinya, Prof Dr. H.  Kern menyebutkan bahwa bahasa yang dipakai di Kepulauan Indonesia, Melanesia, dan Mikronesia berasal dari ...
a. bahasa Melayu
b. bahasa Austronesia
c. bahasa Indonesia
d. bahasa Campa

3. Prof. Dr. Mohammad Yamin berpendapat bahwa kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia sampai menuju ke Kepulauan Indonesia, berawal dari ...
a. Campa - Kamboja - Malaya
b. Kamboja - Campa - Malaka
c. Campa - Malaka - Kamboja
d. Campa - Kamboja - Malaka

4. Jenis fosil yang diperkirakan hidup sezaman dengan jenis fosil Phitecanthropus erectus dari Indonesia adalah ...
a. Australopithecanthropus africanus
b. Sinanthropus pekinensis
c. Homo neanderthalensisi
d. Homo cro-magnon

5. Rumpun bahasa yang tersebar di Kepulauan Indonesia termasuk ke dalam rumpun ...
a. Proto Melayu Austronesia
b. Melayu Austronesia
c. Deutro Melayu
d. Melanesia Polinesia

6. Runpun bahasa Indonesia termasuk ke dalam rumpun bahasa Melayu Austronesia yang berasal dari ...
a. Cina
b. Madagaskar
c. Taiwan
d. Australia

7. Bangsa Indonesia diperkirakan berasal dari Mongol yang persebarannya terjadi secara bergelombang, teori tersebut dinyatakan oleh ...
a. Hoggen
b. N. J. Kroom
c. Dr. Brandes
d. Drs. Mohammad Ali

8. Bukti yang menguatkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunani yaitu ...
a. pola hidup masyarakat Yunan sama dengan pola hidup masyarakat di Indonesia
b. bentuk tenkorak manusia purba di Yunan sama dengan ukuran tengkorak manusia purba di Indonesia
c. artefak prasejarah yang ditemukan di Yunan sama dengan artefak prasejarah di Indonesia
d. kebudayaan masyarakat Yunan sama dengan kebudayaan masyarakat di Indonesia

9. Yang disebut sebagai Proto Melayu yaitu penduduk ras Melayu Austronesia dari Teluk Tonkin bermigrasi ke Nusantara sekitar kurun waktu ...
a. 2000 SM
b. 3000 SM
c. 200 SM
d. 500 SM

10. Suku bangsa Proto Melayu datang ke Indonesia sambil memperkenalkan kebudayaan ...
a. Batu Tua
b. Batu Tengah
c. Batu Muda
d. Logam

11. Kebudayaan kapak lonjong diperkenalkan oleh suku bangsa ...
a. Proto Melayu
b. Nias
c. Toraja
d. Dayak

12. Keturunana yang dibawa oleh masyarakat Deutro Melayu merupakan kebudayaan ...
a. Batak
b. Nias
c. Toraja
d. Dayak

13. Kebudayaan yang dibawa oleh masyarakat Duetro Melayu merupakan kebudayaan...
a. masa Neozoikum
b. masa Bercocok Tanam
c. masa Perunggu
d. masa Berburu

14. Suku bangsa Deuto-Melayu datang ke Indonesia dan memperkenalkan kebudayaan ..
a. Paleolithikum
b. Mesolithikum
c. Perunggu
d. Neolithikum

15. Suku di Indonesia yang menjadi keturunan Deutro-Melayu antara lain ...
a. Minang, Jawa, dan Bugis
b. Papua, Batak, Dayak
c. Kubu, Mentawai, dan Toba
d. Sunda, Dayak, dan Minang

16. Masyarakat purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan memenuhi kebutuhan pangan dengan cara sebagai berikut, kecuali ...
a. berburu binatang untuk dimakan dagingnya
b. mengumpulkan tumbuh-tumbuhan di sekitar yang dapat dimakan
c. menangkap siput di sungai atau kerang laut dengan senjata sederhana
d. menanam tanaman tertentu di ldang dengan cara sederhana

17. Ditemukannya alat-alat batu untuk bercocok tanam menunjukkan bahwa manusia purba telah menetap. Alasannya ...
a. manusia harus memilih lahan yang cocok untuk ditanami
b. manusia purba bercocok tanam dilahan dekat perkampungan
c. tanaman yang ditanami belum banyak jenisnya
d. aturan yang semakin ketat waktu lama sehingga harus menetap

18. Masa perundagian ditandai dengan munculnya ...
a. kelompok pengrajain seni menghias dinding goa
b. kalangan tukang pembuat alat-alat dari logam
c. kelompok wanita pkerja
d. aturan yang semakin ketat mengenai gotong royong

19. Peran kepala suku dalam masyarakat purba masa bercocok tanam adalah ...
a. membagi kelompok berburu sesuai keahlian
b. memilih kelompok pengrajin logan dan besi
c. memelihara kegiatan gotong royong
d. menyiapkan ladang untuk ditanam

20. Seni telah dikenal masyarakat purba dari masa berburu dan mengumpulkan makanan, hal ini dibuktikan dengan ...
a. lukisan pada dinding gua
b. gelang dari batu pualam
c. hiasan pada kapak perunggu
d. seni tari untuk upacara keagamaan

21. Manusia purba mulai melakukan perdagangan barter sejak masa ...
a. Bercocok tanam
b. Berburu dan mengumpulkan makanan
c. Perundagian
d. Membuat alat dari logam dan besi

22. Meskipun hidup berpindah-pindah, masyarakat purba telah mengenal pembagian tugas, terbukti dari ...
a. munculnya kelompok pengrajin
b. tugas wanita untuk meramu
c. hak kepala suku untuk memimpin
d. kewajiban pria untuk memimpin

23. Peran pemimpin kampung dalam masyarakat purba masa bercocok tanam adalah ...
a. membagi kelompok berburu sesuai keahlian
b. memilih kelompok pengrajin logam dan besi
c. memelihara rasa gotongroyong di kampung
d. menyiapkan ladang untuk ditanami

24. Corak kepercayaan masyarakat purba dapat diketahui dari hal berikut ini, kecuali ...
a. penguburan
b. lukisan dinding gua
c. bangunan Megalitik
d. pembuatan manik-manik

25. Kesimpulan yang dapat kita tarik dari perkembangan kehidupan sosial masyarakat purba dari masa adalah ...
a. semakin disadari pentingnya wanita dalam rumah tangga
b. semakin dirasakan pentingnya gotong royong dalam masyarakat
c. semakin penting untuk selalu menghormati nenek moyang darii leluhur
d. semakin perlu aturan yang ketat untuk upacar keagamaan

26. Perdagangan Indonesia dengan Cina dibuktikan temuan berupa ...
a. barang keramik Cina di beberapa tempat di Indonesia
b. bangunan bergaya Cina di beberapa tempat di Indonesia
c. prasasti berbahasa Cina di pantai timur Sumatera
d. arca bergaya Cina di pantai utara Jawa

27. Hak khusu penguasa Indonesia dalam perdagangan antara lain ...
a. hak jual dan hak beli pertama
b. hak tawar harga sampai tingkat rendah
c. hak membeli komoditas utama di pasaran
d. hak menjual komoditas utama di pasaran

28. Dibandingkan wilayah lainnya, Indonesia lebih aktif menjalin perdagangan dengan India. Bukti paling kuat adalah ...
a. adanya banyak bandar dagang India di pesisir Indonesis
b. munculnya para penguasa India di Indonesia
c. tersebarnya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia
d. tumbuhnya kota-kota bercorak India di Indonesia

29. Menurut pendapat yang mengaggap bangsa Indonesia pasif, penyebar kebudayaan Hindu-Budha adalah brahmana. Alasannya ...
a. unsur-unsur kebudayaan Hindu-Budha amat bercorak brahmana
b. kebudayaan Hindu-Buddha hanya dilaksanakan oleh brahman
c. Brahmana berkedudukan istimewa dalam kerajaan Hindu-Budha
d. kebudayaan Hindu-Buddha hanya untuk kalangan brahmana

30. Menurut pendapat yang menganggap bangsa Indonesia aktif, pelaku penyebaran kebudayaan Hindu-Buddha adalah ...
a. pedagang Indonesia dan pedagan Indian
b. brahmana India dan brahmana Indonesia
c. ksatria Indonesia dan brahmana India
d. waisya Indonesia dan brahmana Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

Blogger templates

Blogger news

Blogger templates

Popular Posts