Asal-Usul “Kaomoji” Emoticon Jepang

1

Kalian pasti udah pada tau dong Japanese Emoticon atau yang biasa disebut Kaomoji? Kita sering memakainya ketika kita lagi berinteraksi dengan teman di dunia maya.
Tapi buat yang belum tau apa sih Kaomoji itu, ini nih ada sedikit penjelasannya, simak yaa…

Emoticon adalah representasi bergambar komunikatif meta dari ekspresi wajah yang tanpa adanya bahasa tubuh, berfungsi untuk menarik perhatian penerima untuk ungkapan senang atau marah dimana itu termasuk komunikasi verbal nominal oleh pengirim, mengubah dan meningkatkan interpretasinya.
Biasanya penggunaan emoticon ditujukan untuk menggambarkan perasaan seseorang atau suasana hati dan dapat tersusun oleh angka dan huruf juga. Emoticon ini biasanya mengarah ke samping. Sebagai salah satu cara berkomunikasi di media sosial, emoticon telah menyebar luas, emoticon telah memainkan peran penting dalam komunikasi melalui teknologi.
Emoticon ini menawarkan berbagai lain nada dan perasaan melalui SMS yang menggambarkan emosi tertentu melalui mimik wajah saat berada di tengah-tengah komunikasi dunia maya.

Kaomoji (顔 文字) adalah gaya emoticon populer Jepang yang terdiri dari karakter Jepang dan tanda baca tata bahasa, dan digunakan untuk mengekspresikan emosi di sms dan komunikasi dunia maya. Kata kaomoji juga identik akan disebut sebagai emoticon-nya Jepang. Konsep ini dibentuk oleh kombinasi dari dua kata dalam Kanji, kao” (- “wajah“) dan moji” (文字 - karakter”).

Kalau kalian pengen tau lebih dalam tentang Kaomoji, boleh membaca versi lengkapnya di http://kaomoji.ru/en/

Nahh, sekarang gueh  akan kasih tau sejak kapan sih Kaomoji digunakan di Jepang?
Pertama ada seorang ilmuwan nuklir mengklaim telah menemukan (~ _ ~) dan emoticon bulat lainnya yang mirip seperti seperti ASCII Net (layanan online Jepang) sekitar bulan Mei 1985, meskipun ia mengatakan ia bukan yang pertama, ia hanya mengikuti pola orang lain.
Berikutnya seseorang yang mengaku bahwa ketika ia menghadiri Universitas Hokkaido emoticon Jepang pertama yang dilihatnya adalah dari Guru Koala dengan (^ O ^) di fj.jokes, menginspirasinya untuk menciptakan beberapa Kaomoji berikut:
(^ ^.) - Tertawa
(;;.) - Menangis
(-.-) - Tidur, terkejut
(_ _) - Minta maaf, menurunkan kepala seseorang
(^ ^;.) – Keringetan
* ^ ^ * – Wajah memerah


Jadi, emoticon Jepang setidaknya telah mulai digunakan sejak 21 tahun lalu dan beberapa bulan, bahkan mungkin 22 tahun lalu.

Waaahhh ternyata udah lama banget ya  >,<

Beberapa Kaomoji yang sering digunakan
(・∀・) (´◠ω◠`) (๑╹◡╹๑) (っ・ω・)っ
(´・ω・`) ヽ(*・ω・)ノ (*ノ・ω・)ノ ☆ミ(o*・ω・)ノ
(✿◕‿◕) (◕‿◕✿) (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧ (●ゝ∀・●)
(≧◡≦) (*≧ω≦) (≧▽≦) (*≧▽≦)
(✿◠‿◠) (ღ˘◡˘ღ) ♫ (ღ❤‿❤ღ) (´・ω・`)
ლ(╹◡╹ლ) ლ(́◉◞౪◟◉‵ლ) (づ。◕‿‿◕。)づ ♥ ヾ(;☆ω☆)ノ
ヽ(゜∇゜)ノ ♫ヽ(゜∇゜ヽ)♪ ♬(ノ゜∇゜)ノ♩ ( ´ ▽ ` )ノ
(★‿★) (●ω●✿) (〜 ̄▽ ̄)〜 (≧∪≦)ノ
( > ◡ < ) ヽ(・ω・ヽ*) (っ◕ヮ◕)っ
ヽ(;▽;)ノ (/ ゚▽゚)/ (*⌒ヮ⌒*)
(*╹▽╹*) (◕ᴥ◕) (ㆁᴗㆁ✿) (ㆁㅅㆁ✿)

Beberapa mimik wajah yang bisa dijadikan Kaomoji

tumblr_man6a86m7o1rh56nlo5_1280 true 17-funny-emoticons-japanese-kaomoji

Seru ya ternyata peggunaan Kaomoji di percakapan, hehehe.. hayoo siapa nih yang suka pakai emoticon waktu chatting bareng temen??

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

Blog Archive

Blogger templates

Blogger news

Blogger templates

Popular Posts