Rumah Kecil nan Sempit di Jepang

Dari ruko, apartement, rumah, dan lain sebagainya, kecil dan sempit. Namun, hal ini pula yang membuat rumah-rumah tersebut menjadi unik, karena dibangun dan ditata dengan baik. Berikut ini adalah daftar rumah-rumah tersebut:
1. Nada House berlokasi di Prefektur Hyogoo
Bangunan ini dibangun dilahan yang hanya seluas 36 meter persegi. Setiap inci dari bangunan ini harus diperhitungkan dengan benar dan jelas untuk mendapatkan bangunan terbaik.
Rumah ini sungguh terlihat tinggi dan ramping. Pemilik rumah memusatkan bangunan ini dalam hal pencahayaan yang masuk ke dalam rumah, serta tidak lupa dilengkapi dengan kamar penyimpanan dan tentu saja garasi mobil. Ruang tamu, ruang makan dan dapur terletak dalam satu lantai. dan dua kamar tidur terpisah dilantai dua dan tiga. Meskipun hanya terdapat sedikit jendela di bagian depan dan belakang bangunan ini, namun cahaya yang masuk dari atap bangunan dapat menjaga sirkulasi udara didalamnya. Berikut foto-foto rumah ini:
nada-1
nada-2
dapur, meja makan dan ruang keluarga menjadi satu
nada-3
nada-extra-2
nada-extra-3
nada-extra-4
nada-house-extra
nada-room
atap rumah
2. Hori no Uchi House Suginami, Tokyo
Apakah Anda mempunyai lahan sempit yang tersisa di tepi jalan? ini bisa menjadi inspirasi. The Hori no Uchidibangun diatas lahan yang hanya berukuran 55 meter persegi di tepi jalan dan hanya 27,9 meter persegi yang digunakan untuk membangun rumah ini.
Salah satu ujungnya di design agak meruncing untuk mendapatkan bentuk lahan yang sedikit meruncing. Bangunan ini terletak terjepit antara jalan dan tanggul sungai. Satu kamar tidur yang dilengkapi jendela pada lantai satu dan lantai dua digunakan untuk mendapatkan banyak cahaya dan tempat bermain anak.
hori-nouchi-1
hori-no-uchi-2
hori-no-uchi-33. The Garden House
Didesign oleh Ryue Nishiwa, rumah ini merupakan solusi bagi Anda yang tinggal diperkotaan dimana lahan dikota terbilang sangat mahal dengan tetap mempertahankan natural kehijauan tumbuhan. Bangunan ini terdiri dari empat lantai yang dilengkapi dengan tangga spiral baja. Suasana hijau dapat Anda lihat di setiap lantai dengan cahaya alami yang dapat menimbulkan kesan ruangan terlihat besar.
garden-house-extra-1
garden-house-extra-2
garden-house-extra-3
4. The Split Merchant’s House AKA ’63.02′ Nakano, Tokyo
Dinamakan 63.02 karena bangunan ini menghadap ke sisi jalan dan merupakan rumah terkecil di Jepang. Arsitekturnya adalah Jo Nagasaka dan Toshiharu Ono.
split-merchans-house
split-merchans-house_1
split-merchans-house_2
split-merchans-house_3 
5.  Moriyama House
Dari luar rumah ini mungkin terlihat seperti kontainer, tetapi saat Anda masuk kedalam ruangannya, Anda akan menemukan galeri seni modern. Lantai pertama rumah ini berisi dapur sekaligus meja makan dan kamar mandi, dan lantai keduanya terdapat kamar tidur dan ruang tamu. Dari lantai 2, Anda bisa melihat lantai satu dan duduk bersantai ditepian lantai. 
moriyama-1
mori-yama-2
mori-yama-3
moriyama-extra
moriyama-extra-2
 6. Lucky Drop House Tokyo
Lucky Drop House dibangun di petak tanah yang sempit, sesuai dengan namanya rumah ini dirancang seperti “drop” air, sedikit meruncing ke atas.
lucky-drops-1
lucky-drops-2
7 Near House Tokyo
The Near House terdiri dari dua bangunan rumah yang terpisah yaitu satu bangunan sempit yang merupakan gate house dan sebuah bangunan yang lebih besar yang dipisahkan dengan taman. Bangunan ini berbentuk huruf L.
near-house-extra-3


near-house
near-house-2
near-house-3
near-house-extra
near-house-extra-2
8 The House Big Gap Tokyo

Seperti sebuah platform pada video game, rumah ini berdiri di sebidang tanah 30 meter persegi. Dengan cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. Berikut ini adalah foto dari model rumah ini, dan lihatlah keunikan dari tangga pada bangunan ini. 
Exif_JPEG_PICTURE
house-with-a-gap
house-with-a-gap-2
9 Showa-cho House Osaka
Meskipun terletak di sebuah kota bersejarah di Jepang, rumah ini memiliki gaya yang sangat modern. Rumah ini dirancang dengan konsep “rumah kecil yang memiliki pemandangan alami”. Dan dilengkapi dengan tirai remote control.
show-machi-1
showacho-extra
showamachi
showa-machi-3
10 The Split House Tokyo
Rumah yang terkahir ini bergaya “Scandinavian-style”, dengan taman kecil pada bagian belakang rumah.
split-1
split-3
split-house-extra


Apakah kalian terinspirasi dnegan rumah-rumah kecil nan unik diatas? Meskipun lebih ke gaya bangunan Western, tapi rumah-rumah ini sangat cocok untuk memanfaatkan lahan di kota padat penduduk dengan lahan yang mahal seperti Tokyo dan Osaka. Rumah ini dapat memberikan pola hidup sederhana pada diri Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

Blog Archive

Blogger templates

Blogger news

Blogger templates

Popular Posts