Kenapa Harus Makan Wasabi?

Ada yang belum tau apa itu wasabi??
Wasabi ini merupakan  tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Parutan rimpang (rizoma) yang juga disebut wasabi, dimakan sebagai penyedap masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Daun, tangkai, dan rizoma memiliki aroma harum, sekaligus rasa tajam menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tapi bukan pedas di lidah seperti cabai.  Biarpun berwarna hijau yang manis, tapi semua orang tahu tingkat kepedasan wasabi bisa membuat perut mulas dan bibir dan lidah langsung memerah.
Wasabi_crop
Budidaya wasabi di Semenanjung Izu, Jepang

Wasabi_crop_1
Wasabi dan alat parut dari logam
Ternyata tak hanya memberikan sensasi pedas pada makanan ada alasan mengapa sushi harus disajikan dengan wasabi. Rasa wasabi yang pedas dengan aroma yang kuat ternyata digunakan untuk mengurangi bau amis yang kuat. Dan juga membuat rasa ikan lebih lezat. Tak hanya itu wasabi juga memiliki manfaat untuk menetralkan ikan.
Wasabi efektif dalam menekan mikroba dan bakteri dalam ikan mentah. Hal ini bertujuan untuk menghidari keracunan atau sakit perut akibat mengkonsumsi ikan mentah. Tak hanya sushi dan wasabi yang disajikan dengan wasabi. Menu pendamping sup misopun disajikan dengan rumput laut.
wasabi
Sup miso yang disajikan di restoran Jepang mengandung natrium yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti memicu tekanan darah tinggi. Nutrisi dari dalam rumput laut berguna untuk menetralisir kandungan natrium dalam miso sup.
Jadii tidak ada alasan lagi untuk menghindari makan wasabi karena begitu banyak manfaatnya. Cara memakan wasabi dapat dilihat disini

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

Blog Archive

Blogger templates

Blogger news

Blogger templates

Popular Posts